Rabu, 03 September 2014

Apa kaitan antara PSIKOLOGI dan KOMUNIKASI?

Ya, berdasarkan yang sudah gue jelaskan dipostingan sebelumnya. Menurut Muhibin Syah, psikologi itu adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.

Sedangkan pengertian komunikasi paling populer datang dari Harold Lasswell, yakni “Who says what in which channel to whom and with what effects”, siapa mengatakan apa melalui saluran mana kepada siapa dan dengan pengaruh apa. Definisi Lasswell dianggap paling lengkap karena sekaligus menggambarkan proses dan elemen komunikasi, yakni komunikator (who), pesan (what), media atau sarana (channel), komunikan (whom), dan pengaruh atau akibat (effect). (http://www.komunikasipraktis.com/pengertian-komunikasi-daftar-definisi-komunikasi/#.VAfhF8V_soo)



Nah, udah ada pengertian tentang PSIKOLOGI dan KOMUNIKASI. So, kesimpulannya tau kan kaitan antara PSIKOLOGI dan KOMUNIKASI? Ya, ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, kita juga harus memahami karakter orang yang kita ajak bicara. Bagaimana mimiknya, bagaimana bahasa tubuhnya, bagaimana cara bicaranya, hingga bagaimana sifatnya. Semua itu kita pelajari dalam ilmu PSIKOLOGI. secara lebih rinci komunikasi menggabungkan ilmunya menjadi PSIKOLOGI KOMUNIKASI. Ilmu pengetahuan inilah yang mengupas bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dengan cara memahami perasaan lawan bicara.

Semoga bermanfaat :)


1 komentar: