Senin, 10 Agustus 2015

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) | CYBER MEDIA AND PR ONLINE | STIKOM IMA

Dear Friends,

Gue ganggu lagi yaa sama tugas kuliah :) hehehe dan mudah-mudahan jawaban yang ada disini juga bermanfaat untuk semua khususnya untuk yang mempelajari Ilmu Komunikasi :)

By the way, gue orangnya Technology update. Gue suka mendalami sesuatu yang berkaitan sama technology (gadget, komputer, operating system, dll). Dunia PR ternyata juga mencari orang-orang yang technology update. Maybe you are the next :D hehehe

Okey, Nama Dosen gue Ibu Yun Risnawati, M.Pd dan beliau lah yang memberikan tugas ini. Tentunya gue sebagai mahasiswa, wajib menyelesaikannya dengan baik.


Soal No. 1
Bagaimana cara mengevaluasi efektivitas web site yang bisa dilakukan public relation?
- Untuk mengukur efektivitas web site, secara simple bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang di sediakan oleh google. Seperti penggunaan google analytics, Google Adsense, dan Google Adwords. Atau, perusahaan dapat membeli aplikasi agar dapat melihat Traffic yang terjadi pada di web. Namun, untuk hal di atas, biasa di lakukan oleh orang-orang IT. Nah Beberapa hal yang bisa dilakukan Humas/public relations untuk mengevaluasi efektivitas website adalah:

  1. Menghitung jumlah orang yang mengunjungi dan memberikan informasi rinci mengenai dirinya pada website yang disediakan.
  2. Mengukur tingkah laku khalayak.
  3. Memantau liputan media. 
  4. Memantau penambahan database.
(Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Soal No. 2
Strategi apa yang dapat dilakukan public relation untuk menggapai publisitas melalui media internet?
- Pada dasarnya, Humas (hubungan masyarakat) merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi non komersial. Jadi Humas adalah suatu rangkaian kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sebagai suatu rangkaian kampanye atau program terpadu. (Anggoro, 2001: 2)
Dengan adanya website, maka kinerja Humas akan semakin di permudah, terutama dalam melakukan kegiatan komunikasi, promosi dan sosialisasi kepada khlayak (public) baik internal maupun eksternal. Sehingga pembentukan citra akan yang baik juga akan mudah dilakukan. Citra adalah cara bagaimana pihak lain memandang sebuah perusahaan, seseorang, suatu komite, atau suatu aktivitas, setiap perusahaan mempunyai citra sebanyak jumlah orang yang memandangnya. (Soemirat dan Ardianto, 2010: 113)
Nah, tujuan lain dari publisitas yaitu untuk membangun citra. Agar publisitas PR di media internet dapat berjalan, baiknya melakukan hal-hal berikut:
  1. Perbanyak artikel pada website perusahaan. Jika bisa, artikel tersebut dijadikan keyword ketika para pelanggan sedang mencari barang atau jasa. Contohnya, tempat saya bekerja yaitu Jasa Pendidikan ada di wilayah depok. Bagaimana caranya ketika seorang pelanggan mengetik "KULIAH DI DEPOK" jasa pendidikan saya dapat muncul di page one google? dengan memperbanyak artikel dan memakai aplikasi Adwords agar keyword yang kita inginkan bisa di lock. 
  2. Membuat Facebook Fan Page. Orang mana yang tidak punya facebook. Dengan melihat jutaan orang memiliki facebook, maka di saat mereka sedang asik untuk update status, pada saat itulah kita update fan page. semakin banyak yg "LIKE" fan page dengan kata lain mereka sudah membaca profil perusahaan kita.
  3. Membuat account twitter, instagram, dan youtube. Media sosial memang sedang digandrungi. ketika kita dapat menguasainya, maka kita bisa menguasai pasar. 
Soal No. 3
Apa perbedaan press release dengan news release?
Press Release menurut Effendy adalah :
"Bahan berita yang dikirimkan pihak instansi atau organisasi, biasanya dikerjakan oleh bagian Humas ke media massa dengan harapan dapat disiarkan" (Effendy, 1898 : 80)
- News Release
"Berita yang dibuat oleh wartawan dan dikeluarkan oleh media tersebut

Soal No. 4
Buatlah release (news release) mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Global Mandiri yang akan memulai ajaran baru dan siap memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi! Saudara dapat melengkapi info sendiri mengenai kampus dan informasi yang dibutuhkan lainnya!

50 MAHASISWA BERPRESTASI SIAP MENERIMA BEASISWA
Kamis, 20 Agustus 2015 bertempat di auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Global Mandiri, Bapak Dr. Anis Mata, MM, MPD ketua dari STIKOM GM memberikan beasiswa prestasi pendidikan sebesar 100 juta rupiah di acara Dies Natalies STIKOM GM yang ke XXV. Pada acara tersebut ada 50 mahasiswa berprestasi yang mendapatkan beasiswa pendidikan. "Saya berharap dengan adanya beasiswa ini juga dapat memicu mahasiswa yang lain untuk terus berprestasi dalam kuliahnya, kedepan mungkin bukan hanya mahasiswa, dosen-dosen pun juga berkesempatan untuk meraih predikat dosen terbaik dan tujuan utamanya adalah agar STIKOM GM terus berkembang dan dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain di Indonesia..", sedikit penggalan pidato Bapak Anis Mata tentang penghargaan yang diberikan. Semoga kedepannya STIKOM GM dapat terus maju dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi yang lain. (wfa)

Soal No. 5
Apa yang saudara ketahui mengenai newsletter atau electronic magazines! Berikan contoh newsletter mengenai penghargaan terhadap karyawan berprestasi!
- Ruslan (2010:196) menyebutkan bahwa newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada pembaca yang sibuk atau tidak memilik waktu yang banyak untuk membaca berita terlalu panjang dan terperinci.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar