Sabtu, 19 Maret 2011

Pengantar Komunikasi

guys.,
pastinya kalian semua udah pernah denger kan tentang komunikasi ? secara kita selalu ngelakuin itu kan sehari-harinya. komunikasi itu sendiri artinya menyampaikan suatu informasi (pesan) kepada orang lain dengan memiliki motif tertentu. dengan komunikasi, orang juga bisa mendapatkan uang.
ada Beberapa alasan yang mendorong perlunya komunikasi dipelajari adalah sebagai berikut.
1.      Komunikasi yang baik dengan orang lain akan membantu seseorang mempermudah mendapatkan rezeki, sahabat, dan pelanggan.
2.      Semakin banyak orang yang tidak mengenal etika dalam berkomunikasi.
3.      Dengan mengetahui konsep, teori, dan dasar-dasar praktik yang baik, seseorang bisa menjadi pekerja komunikasi yang terampil dan professional dalam melaksanakan tugas-tugas yang diembannya.
4.      Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat memaksa orang harus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru terutama dalam bidang computer, animasi, gambar, dan internet.


Berdasarkan tujuan diatas, maka komunikasi dapat dipandang sebagai seni, ilmu, dan lapangan kerja.
Sebagai seni, komunikasi memiliki:
1.      Nilai estetika yang diterapkan dalam praktik-praktik komunikasi seperti panulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio dan televisi, seni grafika, retorika, akting, penulisan scenario, penuliasan buku dan sebagainya.
2.      Fungsi hiburan (enjoy) yang dapat mengisi waktu luang seseorang, seperti menonton televisi, membaca surat kabar atau majalah, mendengar radio dan semacamnya.
Sebagai ilmu, komunikasi merupakan kumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis berdasarkan fakta dan riset. Ia melakukan penyelidikan masalah, control dan pengujian menurut kaidah-kaidah ilmiah dan secara normatif hasilnya dapat disajikan dan diterapkan untuk menciptakan dan membina tatanan hidup manusia agar menjadi lebih baik dalam pribadi maupun dalam hidup bermasyarakat.
           Sebagai lapangan  kerja, komunikasi menjadi profesi dalam berbagai lapangan kehidupan yang menjadi sumber mata pencaharian. Misalnya jurnalistik, public relation, penulis, penyiar, dosen, artis, periklanan, riset, penerangan, manajer kampanye dan sebagainya.

4 komentar:

  1. Blogwalking di pagi hari ....^^
    keren postinganya ^^d
    req tentang cara berbicara di depan umum dengan orang yg baru donk wim...
    karena menurut gw susah bwat berbcara di depan umum dengan lingkungan yg baru bukanya lancar malah tangan gemeter,badan jadi meriang belina gitu hehehe :p

    BalasHapus
  2. hehhehehehehe ...

    okeey..
    insya Allah chale =)

    BalasHapus
  3. jah kenapa chalee...--a
    ow iy budidayakan blogwalking selain menambah tali silaturahmi juga nambah page rank gan...^^

    BalasHapus